Jumat, 18 Januari 2013

Tingkatkan Produktivitasmu di Tahun yang Baru


Tahun yang lalu sudah menjadi memori kenangan yang akan diingat seumur hidup dan sekarang merupakan tahun yang harus ditempuh dengan lembaran baru untuk mencapai hidup yang lebih baik. Harapan kita di tahun ini adalah agar hidup dapat lebih baik.

Namun untuk menemukan kehidupan yang lebih baik, kita terlebih dahulu harus mengubah cara kerja kita supaya lebih produktif lagi. Dengan begitu, segala sesuatu yang ingin dicapai juga akan lebih mudah jika kita melatih diri untuk lebih giat dalam bekerja. Ingin mengetahui mengubah cara kerja agar lebih giat di tahun 2013 ini? Mari kita lihat caranya:

1. Bekerja secara efisien
Hal yang bisa kita lakukan dengan baik yaitu memberikan rasa bahagia yang besar dan dapat dilakukan dalam waktu yang relatif tak lama. Jika Anda tak punya waktu, jangan melakukan hal lain yang tidak dikuasai dan tidak disenangi. Katakan tidak pada kesempatan yang tidak diinginkan. Coba pergunakan waktu untuk hal yang sungguh bermanfaat bagi Anda dan bisa dilakukan. Jalani hidup sesuai dengan planning Anda sendiri.

2. Mengintegrasikan kegiatan
Kebanyakan orang mencoba untuk mencari tahu bagaimana untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman, pekerjaan, dan keluarga. Hentikan berusaha menyeimbangkan waktu antara mereka semua. Tidak salah jika kita berbaur dan membangun kehidupan sosial dengan orang-orang yang berada di lingkungan kerja namun Anda bisa mencari orang di kantor yang dapat berbagi kepentingan dan mengembangkan karir secara bersama.

3. Membagi waktu secara aktif
Membuka situs jejaring sosial, berbincang dengan rekan kerja tiada hentinya, hanya akan membuat waktu kita menjadi terbuang. Buatlah batasan mengenai waktu yang digunakan untuk mengurus hal yang tidak penting. Gunakan jejaring sosial, waktu bersama teman dan keluarga se-efektif mungkin.

4. Aktif belajar
Mungkin Anda berpikir bahwa belajar harus selalu menghabiskan waktu. Belajar tak harus selalu duduk tenang di meja. Dengan melakukan banyak hal kita bisa belajar secara aktif seperti belajar dari atasan di kantor, rekan kerja senior, belajar dari hal-hal baru yang kita lakukan, dan lainnya.

5. Tentukan prioritas
Buatlah pilihan tentang kegiatan dalam hidup. Fokuslah pada sesuatu yang menyenangkan dan membuat Anda menjadi lebih produktif di tahun ini. Seimbangkan pula antara pekerjaan / pembelajaran dengan gaya hidup yang diinginkan. Jadi mulai saat ini, jangan lagi melakukan pekerjaan secara tidak beraturan tanpa mengetahui prioritas utama Anda.

6. Santai tapi pasti
Memaksakan diri untuk memenuhi semua keinginan kita untuk bekerja tentu saja akan mengorbankan waktu untuk bersenang-senang. Ada beberapa hal yang harus ditunda untuk sementara waktu karena kita akan fokus pada prioritas. Dengan begitu, kita juga akan memiliki waktu untuk santai dan bersenang-senang.

Jangan pernah menyia-yiakan waktu ! karena dengan waktu, kita dapat memiliki berbagai hal dan pengalaman yang pada nantinya akan menjadi petunjuk hidup kita sendiri,.

(Dikutip dari berbagai sumber)

0 Comments:

Posting Komentar

SDN Rayung IV