Jumat, 28 Agustus 2020

HIDUP ADALAH PILIHAN

 

Hidup adalah Pilihan

Saya masih ingat ketika melihat drama korea  ditahun 2007/2008 seingatku judulnya Dong Yi, di ceritakan adalah seorang pelayan cerdas yang mempunyai  tekad, harga diri bahkan mempunyai kepercayaan diri yang cukup tinggi,  jujur dan berintegritas, sifatnya yang menonjol diantara para  pelayan maka  rajapun terkesan dan kagum.

 Berawal dari keberaniannya berkata jujur  dan memberikan pendapat yang lugas, apa adanya untuk menilai kebijakan raja, dari situlah intrik-intrik dimulai, bermacam-macam tuduhan dan fitnah menghiasi kehidupannya sebagi seorang pelayan permaisyuri. diahir cerita  dia diangkat menjadi selir raja yang pesonanya mengalahkan sang permaisyuri.

Dari cerita drama itu aku terkesan dengan perkataan seorang Dong Yi yang mengatakan “ Hidup adalah Pilihan” begitu terkesannya kalimat itu, sehingga ketika aku akan memutuskan hal-hal  yang aku ragu maka saya selalu ingat kata “Hidup adalah Pilihan”.

Sebagai seorang muslim yang kurang memahami  ilmu hakekat maka  kadang  aku ragu  apakah benar hidup  itu pilihan atau taqdir ?

Seringnya  kita dihadapkan oleh sesuatu yang membutuhkan pilihan, maka islam mengajarkan untuk memutuskan dengan cara istikharah, namun terkadang kita harus menentukan dengan jawaban yang cepat, dan beralasan karena ketika kita salah memilih maka akibatnya akan kita terima sepanjang masa.

Contoh apa yang selama ini aku hadapi ketika memilih jurusan anak –anakku memasuki perguruhan tinggi, adalah hal yang sangat urgen karena menentukan prodi dalam perkuliahan adalah sama juga menentukan masa depan anak, walaupun sebagai muslim juga harus memahami  bahwa semua sudah digariskan oleh yang maha Kuasa. Namun demikian sebagai  hamba yang dhoif kita juga wajib berihtiyar sesuai kemampuan kita.

 Maka saya ingat kembali  “ hidup adalah pilihan” ?. Wallohu a’lam

Khurriyah, 2882020

KMO  BACH 34

Salam literasi

0 Comments:

Posting Komentar

SDN Rayung IV