Minggu, 12 Juli 2020

DASAR-DASAR MENULIS ( Materi 1)

Tanggapan dan ringkasan materi Dasar-dasar  menulis

ditulis dalam rangka memenuhi tugas 2

 

 Khuriyatul Ainiyah /Dasar-dasar menulis

 

Saya sudah tiga kali menyimak video yang disampaikan oleh ustad Cahyadi Takariawan tentang dasar-dasar menulis, saya kagum dan selalu tidak bosan, mengapa ? karena apa yang disampaikan adalah ilmu yang baru dan sangat bermanfaat bagi saya dan bagi mereka yang ingin belajar menulis. Dalam video tersebut ustad Cahyadi menceritakan  pengalamnnya sebagai penulis, dimulai dari hobbinya membaca sejak usia SD, yang sering meminjam kunci perpustakaan kepada ibunya yang kebetulan Kepala Sekolah di SD tersebut, sepulang sekolah waktunya dihabiskan di perpustakaan SD untuk membaca buku. Hobi membacanya dilakukannya hingga Sekolah Menengah Atas.  kebiasaan baik itulah yang mengantarkan beliau  menjadi penulis yang handal.

Yang menjadi saya kagum dan iri adalah ustad Cahyadi Takariawan sudah mempunyai kelebihan membaca sejak kecil, sedang saya belum pernah mempunyai kebiasaan membaca seumuran itu, maka tepat sekali kalau ada pepatah bijak mengatakan Al Insanu ibnul awaidihi  yang artinya Manusia itu cenderung menirukan apa yang ia biasakan. Semasa SMA saja beliau sudah sering menulis hingga di perguruan tinggi UGM.  karyanya sering dipublikasikan di majalah-majalah campus, bahkan sampai pada koran-koran nasional maupun daerah.

Dan dari tulisan-tulisannya itu mengantarkan beliau berani menjadi pribadi yang bertanggung jawab baik untuk dirinya sendiri mauun untuk orang lain, ini dibuktikan dengan kepercayaan diri beliau meminta izin kepada orang tuanya untuk menikah diusia muda. Kendati belum selesai pendidikannya tapi sudah sanggup untuk membiayai kuliahnya, dan kuliah  isterinya sekaligus kebutuhan keluarga kecilnya tanpa minta bantuan pada orang tuanya.

Itulah yang sangat membanggakan dari seorang penulis. karena dengan  menulis bisa menopang kebutuhan hidup rumah tangga, Semoga pengalaman ustad cahyadi takariawan menjadi isnpirasi bagi kita untuk menjadi penulis pemula, namun sekali lagi saya masih harus banyak belajar dari pengalaman beliau  yang sudah terasah sejak dini.

Karena kita ingin menimba ilmu maka tak ada kata terlambat untuk belajar, termasuk yang saat ini kita ikuti yaitu sinau online bersama “KMO ALINEAKU” semoga awal yang baik ini bermanfaat dan barokah buat kami dan masa depan kami, amiin.

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. karena menulis membutuhkan informasi-informasi yang ditangkap oleh fikiran maka dengan otomatis memerlukan berbagai pengalaman, baik informasi yang  tertulis pada media kertas maupun media yang lain.

Saya memaknai dasar-dasar menulis diawali dari membaca, karena dengan membaca akan tertuang imajinasi dalam bentuk tulisan. Adapun tujuan–tujuan menulis menurut Cahyadi Takariawan adalah sebagai berikut :

1.      Idiologi

Menulis dengan tujuan idiologi artinya menulis untuk mempengaruhi seseorang dengan keyakinannya. Tidak peduli apakah tulisannya akan dikenal banyak orang atau tidak, atau akan mendapat upah atau tidak, yang menjadi tujuannya dengan menulis dia dapat mempengaruhi seseorang akan keyakinanya yang dianggap benar.

2.      Akademis

Menulis dengan tujuan akademis adalah menulis untuk kepentingan akademik, misalnya menulis jurnal persiapan mengajar, atau menulis untuk mencapai jenjang tertentu, sebagai pemenuhan angka kredit, atau sebagai mahasisiwa yang sedang mengerjakan sekripsi dan lain-lain

3.      Ekonomis

Menulis dengan tujuan ekonomi untuk mendapatkan upah, demi memenuhi kebutuhan hidup. Karena jika tulisannya dipublikasikan maka dia akan mendapat upah atau royalty dari apa yang ditulisnya.

4.      Psycologis katarsis

Menulis dengan tujuan psykologis adalah penulis menyampaikan kebahagiaan hatinya, atau kesedihan hatinya lewat tulisannya, dia menyalurkan emosinya lewat menulis

5.      Politis

Menulis dengan tujuan politik terkait dengan even politik praktis atau pendidikan politik, mereka para tokoh politik biasanya akan menulis dan menyoroti  kebijakan politik.

6.      Pedagogis

Menulis dengan tujuan mendidik, mengedukasi orang lain tentang gaya hidup atau yang lain.

7.      Medis

Menulis dengan tujuan kesehatan , karena ada yang meyakini bahwa menulis sebagian dari terapi, karena menulis bukan hanya untuk kesehatan mental atau spiritual bahkan menulis bisa untuk menyehatkan jasmani.

8.      Praktis

Menulis karena ingin mendapatkan popularitas, ingin mendapatkan posisi tertentu, atau karena ingin mendapatkan tujuan tertentu, contoh menulis makalah karena ada tugas dari dosen, seorang murid atau mahasisiwa menulis karena semata-mata tugas dari guru atau dosen.

 

*      Manfaat menulis :

Manfaat menulis yang bercorak nilai/value adalah :

1.       Membuat kita banyak membaca atau belajar,

Dengan banyak membaca otomatis pengetahuan akan bertambah, semakin tambah umur maka akan tambah ilmu, karena tambah umur adalah kepastian namun tambah ilmu adalah suatu pilihan. Dengan membaca akan mencerdaskan kita, dengan membaca akan menjadikan kita pintar.

2.      Melatih berfikir logis dan sistematis

Orang menulis melatih berfikir sistematis dan logis bukan hanya ngawur karena dalam menulis akan nada outline yang secara otomatis tertuang dalam fikiran. Dengan menulis akan dapat menggabungkan dan menghubungkan peristiwa atau sejarah baik fiksi maupun non fiksi. Semakin banyak menulis maka akan dapat berfikir sistematis dan logis.

3.      Dapat mengikat makna

Membaca adalah menangkap makna sedang menulis adalah mengikat makna, sehingga mengapa kita harus menulis, supaya kita dapat mengikat makna dari apa yang kita baca.

4.      Sarana katarsis

Manfaat dari menulis antara lain akan mengurangi beban, mendapatkan kenyamanan, jauh dari stress dan depresi karena dengan menulis beban akan tersalurkan baik yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan.

5.      Sarana dakwah

Dengan menulis akan dapat berdakwah ke semua kalangan, ke penjuru pelosok bahkan ke seluruh penjuru. Jika pendakwah yang biasanya akan berhadapan dengan ratusan orang, namun dengan menulis dakwahnya ribuan bahkan jutaan orang akan dapat terjangkau.

6.      Sarana edukasi

Dengan menulis akan memberikan pelajaran sekaligus dapat berbagi ilmu. Contoh seminar yang diadakan di sebuah gedung hanya akan dihadiri dengan kapasitas tebatas, namun dengan menulis apa yang akan disampaikan panelis akan tersampaikan kepada khalayak luas.

7.      Kepuasan mental dan intelektual

Dengan menulis akan ada kepuasan tersendiri baik secara mental maupun intelektual apalagi kalau tulisan itu dipublikasikan namun jika pula tidak menjadi best seller atau bahkan tidak dipublikasikan rasanya akan ada kepuasan batin yang tak ternilai harganya dengan rupiah.

 

*      Manfaat menulis praktis:

1.      Dikenal public

Dengan menulis maka akan dikenal banyak orang, walaupun belum terkenal namun bisa saja  orang telah mengenal lewat tulisan yang dibacanya.

2.      Kemanfaatan ekonomis

Dengan menulis bisa menambah penghasilan karena karyanya dipublikasikan baik di Koran maupun  majalah. Jika telah berhasil menerbitkan buku maka diapun akan mendapat royalty dari yang telah ditulisnya.

Manfaat ekonomi ini bisa dinikmati secara langsung maupun tidak langsung. Langsung jika tulisan dipublikasikan maka kita akan langsung mendapat honor dari tulisan kita, sedang tak langsung, jika kita diundang untuk mengikuti seminar dan membahas tulisan kita maka akan mendapat fee dari forum seminar yang dilaksanakan.

3.      Kemanfatan kesehatan

Ada juga yang beranggapan dan telah dibuktikan bahwa menulis bagian dari terapi.karena dengan menulis akan tersalurkan emosi dan kegundahan hati seseorang, bisa mengurangi stress, depresi dan psikologis yang tidak stabil.

4.      Sarana untuk mengenal dunia

Banyak jalan menuju Roma itulah pepatah yang sering kita dengar, jika seseorang mempunyai cita-cita maka dengan menulis cita-cita untuk mengenal dunia akan tersampaikan karena dia akan dapat menjelajah dunia karena tulisannya telah dikenal oleh penduduk dunia.

*      Perinsip-prinsip menulis :

1.        Prinsip kebenaran (Value)

Prinsip menulis harus berdasarkan kebenaran, karena tulisan ini akan mempengaruhi orang lain, jangan sampai menulis menyampaikan sesuatu yang tidak yakin akan kebenaranya. Karena diharapkan dari tulisan itu dapat merubah sikap seseorang menjadi perilaku yang positif, bahkan tulisan dapat menjadi media dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

2.        Prinsip kebermanfatan

Menulis harus ada manfaatnya, jangan menulis sesuatu hal yang tidak bermanfaat, karena jika tulisan kita bermanfaat maka akan kembali pada diri kita dan menjadi amal jariyah buat kita.

3.        Prinsip Etis

Pada prinsip menulis etis ini dapat dimaknai bahwa menulis  jangan menyinggung orang lain, kelompok maupun pihak manapun. Derasnya informasi tanpa batas pada saat ini sulit untuk menfilter apakah informasi ini fakta atau hanya dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena mempunyai tujuan tertentu, jangan terjebak oleh hukum, karena sekarang sudah ada undang-undang IT yang mengatur kebebasan seseorang menggunakan medsos.

Itulah dasar-dasar menulis yang harus diketahui oleh orang-orang yang ingin menjadi penulis pemula. Setelah mengetahui tujuan dan manfaat, serta mengetahui prinsip-prinsip menulis maka seyogyanya  :

a. makin termotivasi untuk menulis

b. mempunyai daya dorong untuk menulis

c. menyempatkan waktu untuk menulis

            d. bergerak dimana saja dan kapan saja untuk menulis

 


0 Comments:

Posting Komentar

SDN Rayung IV