Rabu, 03 Juni 2020

MUSIBAH ATAU TEGURAN

Senin, 1 Oktober 2020

MUSIBAH  ATAU TEGURAN

Ujian atau cobaan ?? musibah atau teguran ?? atau hal-hal lain yang sifatnya berujung pada keluh kesah manusia. Dalam mengarungi  bahtera  kehidupan, manusia selalu mengalami berbagai macam cobaan, hidup,  entah masuk dalam klasifikasi ujian atau musibah atau teguran dari yang Maha Kuasa.  Tak ada kehidupan yang sempurna, karena kesempurnaan hanya milik sang pencipta. Datangnya musibah bisa jadi  cara Alloh menyentil  hambanya untuk selalu ingat dan bersandar pada kekuatannya, yang hanya miliknya semata, datangnya musibah bisa jadi merupakan ujian dari sang khaliq pada hambanya supaya selalu mawas diri, rendah hati dan tawadlu’ dihadapan Tuhannya, datangnya musibah bisa jadi merupakan teguran dari yang Maha Bijak bahwa semua yang ada di bumi telah terkonsep sesuai dengan peran yang telah ditetapkan, bukan semau gue .

Bagi orang-orang mukmin   datangnya musibah menimbulkan berbagai macam penafsiran untuk dirinya dan keluarganya “ dosa apa yang telah saya perbuat ? sehingga saya mengalami musibah seperti ini?’ ini ungkapan yang luar biasa,,,,, karena dia selalu mengingat bahwa semua yang terjadi adalah kehendak dan takdirnya.  Dan dengan   cepat  kembali  untuk merenung dan mendekatkan diri pada yang maha Kuasa. Namun yang  tidak boleh dilupakan  bahwa Musibah atau fitnah yang telah menimpanya bukan semata-mata karena kelalainnya dalam berinteraksi dengan sesamanya, namun boleh jadi itu adalah karena kelalain orang lain yang kita ikut menanggungnya.

Dalam alquran disebutkan dalam suran Al-Anfal ayat 25 yang artinya : Dan peliharalah dirimu dari fitnah (siksaan) yang tidak hanya menimpa pada orang-orang dhalim saja diantara kamu dan ketahuilah bahwa Alloh sangat keras siksaannya .

Tak luput dari apa yang terjadi saat ini, pandemi  covid 19 merupakan musibah terbesar di Indonesia bahkan di dunia karena semua sendi kehidupan lumpuh , perekonomian carut marut, pendidikan terbengkalai, tatanan kehidupan keagamaanpun sangat berimbas, kehidupan folmal dan nonfolmal yang selam ini dijalani dengan normal berbanding terbalik menjadi abnormal, betapa tidak banyak himbauan yang sangat bertentangan dengan tatanan kehlidupan sebelumnya, banyak pasar yang ditutup, tidak boleh keluar rumah, tidak boleh berinteraksi dengan orang lain, jaga jarak, menghindari kerumunan dan lain-lain. Bahkan dampak musibah ini menimpa pada semua orang yang tidak kenal status social, kaya  atau miskin, pejabat atau rakyat, orang tua atau muda dan masih banyak lagi.

Pertanyaannya  apakah  pandemi covid 19 ini termasuk musibah atau bencana yang datang sebagai teguran dari yang maha Kuasa ? ataukah musibah yang ditimpakan karena  ulah segelintir manusia  yang ingin mengusai dunia ? Waalahu A’lam

Dari konsep yang termaktub dalam kitabulloh menjelaskan bahwa musibah tidak hanya  menimpa pada mereka yang berbuat dhalim saja namun kepada semua mahluqnya. Semoga kita termasuk orang-orang yang  dapat memelihara  datangnya siksa atau finah sehingga kita mendapat rahmad dan perlindungan dari Alloh AWT. Amiin



0 Comments:

Posting Komentar

SDN Rayung IV